Motorsport and Drivers

Driving Test Ducati

Ducati Xerox
BSA
News Update :

Searh Classic Motorcycles

Lijit Search

Penyebab Kurangnya Tenaga Motor

Saturday, December 3, 2011 4:42 AM

Bagi setiap pengendara motor, hal apa yang di inginkan selain melaju dijalan raya dengan tenaga mesin yang optimal, akan tetapi penyetelan komponen yang tidak tepat atau kurangnya perawatan membuat harapan tersebut tidak dapat terlaksana.
Kalau Anda termasuk salah satu orang yang merasakan masalah serupa, berikut beberapa bagian yang dapat diperiksa.

1. Saringan udara
Cobalah untuk membersihkan komponen yang berfungsi menyaring kotoran dan debu dari udara, sehingga memungkinkan udara bisa masuk lebih banyak keruang bakar, ini karena mungkin ada banyak kotoran yang menempel sehingga menghalangi asupan udara ke ruang bakar. Akan tetapi kalau anda merasa komponen ini sudah lama tidak diganti sebaiknya segera ganti dengan yang baru. Penggantian ini dilakukan paling tidak setiap 20-25 ribu kilometer atau bersihkan setiap service rutin bulanan.

2. Karburator
Didalam komponen inilah proses pengabutan (proses dimana bahan bakar bercampur dengan udara untuk pembakaran yang pada akhirnya proses tadi menghasilkan tenaga untuk menggerakkan sepeda motor berlangsung). Oleh karena itu, sama seperti saringan udara, kebersihan komponen ini juga patut di perhatikan. Service ringan rutin adalah salah satu cara menjaga kebersihan komponen ini.

3. Busi
Busi yang sudah “berumur” menjadi penyebab lain hilangnya tenaga motor karena percikan api yang dihasilkannya tidak konstan. Hal ini disebabkan karena sudah kotor dengan jelaga atau celah busi sudah tidak tepat. Sebagai langkah darurat anda bisa membersihkan busi tersebut dengn meniup dan menggosoknya dengan ampelas. Demikian pula untuk mengatur jarak antar elektroda.


4. Jarum Skep
Penyetelan komponen yang menjadi bagian dari karburator ini perlu dilakukan, karena tenaga mesin yang tidak optimal bisa juga disebabkan karena jarum skep yang terlampau tinggi. Kalau anda tidak dapat menyetel sendiri, sebaiknya bawa kebengkel untuk hasil yang lebih maksimal.

5. Knalpot atau muffler
Knalpot yang tersumbat oleh kotoran hasil pembuangan dari pembakaran juga menjadi penyebab tenaga motor menjadi melorot. Oleh karena itu lakukan perawatan pada bagian ini setiap 3 bulan atau 6 ribu kilometer agar kebersihannya dan performanya pun bisa tetap terjaga.Bagaimana cara membersihkan muffler: menurut Bro Panca, “dibakar dalemannya dengan cara tuang minyak tanah lalu dibakar”. Beda lagi penjelasan dari Bro Ernest , Dia bilang “kalau knalpot motor 4 tak tidak perlu di bersihin, karena kalau muffler 4 tak itu lebih kering dari muffler mesin 2 tak, kalau mau sich ganti glass full atau lem biru, kalau yang di baker itu untuk muffler mesin 2 tak".

Semoga bermanfaat Bro!


Sumber: Kompas Media 20 Desember 2008.

0 komentar:

Post a Comment

 

© Copyright Old Classic and Vintage Motorcycles 2010 -2011 | Design by PaPi | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.